Langsung ke konten utama

Pembahasan Bisnis Taman / Kebun

Berkebun dapat menjadi bisnis yang menguntungkan dan memberikan keseimbangan kerja/hidup yang baik bila dikelola dengan baik.

Jika Anda berpikir untuk memulai karir sebagai tukang kebun wiraswasta, panduan singkat dan sederhana ini akan membantu Anda mendapatkan rasa apa yang terlibat.

Untuk menjadi sukses Anda perlu menjadi salah satu yang terbaik! Meskipun tidak ada kriteria minimum yang diperlukan untuk memulai bisnis pemeliharaan Taman Anda harus mencari pelatihan formal sehingga Anda dapat berdiri keluar dari baik berarti buruh amatir. Ini adalah salah satu alasan mengapa anggota The Gardeners Guild harus memiliki setidaknya satu kualifikasi hortikultura. Panduan ini akan membantu Anda membuat bisnis berkebun Anda sukses dan menarik bagi pelanggan Anda.

-Regular, pekerjaan yang dapat diandalkan-apa pun yang Anda peroleh bulan ini Anda mungkin akan mendapatkan lagi bulan depan.

-Mengembangkan hubungan yang baik dengan pelanggan Anda-melihat beberapa dari mereka setiap minggu.

-Sehat, menyenangkan, menantang, pekerjaan luar ruangan.

-Jam kerja yang fleksibel.

-Potensi untuk mendapatkan upah yang baik.

-Praktis bukti resesi-pemeliharaan taman teratur dan diperlukan.

-Kurang bekerja selama musim dingin.

-Beberapa hari hilang karena cuaca buruk-tetapi tidak sebanyak yang Anda mungkin berpikir.

-Persaingan dari pekerja kasual.

-Kerja intensif buruh.

-Waktu perjalanan yang belum dibayar antara kerja.

-Persediaan, peralatan dan pemeliharaan alat mahal.

-Biaya perbaikan kerusakan pada alat atau properti pelanggan Anda biasanya lebih tinggi daripada yang akan Anda peroleh dalam melakukan pekerjaan.

Contoh: Anda mengenakan biaya kepada seseorang £10 untuk memotong rumput kecil tapi batu yang terlempar dari mesin pemotong yang menghancurkan jendela (ujung pisau pemotong rumput berputar di 200mph!)-panel kaca baru di pintu teras dapat biaya melebihi £400.

-Bahaya-Anda mungkin juga dipekerjakan untuk melakukan pekerjaan yang berbahaya atau sulit untuk mengakses.

Dapatkan kualifikasi dan bangga menjadi kontraktor pemeliharaan taman profesional. Meskipun tidak ada kualifikasi tunggal yang mencakup setiap aspek hortikultura, mencapai kualifikasi Hortikultura Nasional yang diakui adalah bukti bahwa antusiasme untuk berkebun telah menghasilkan keterampilan praktis yang layak untuk dibayar. Semakin banyak tukang kebun semakin memenuhi syarat. The Gardeners Guild memiliki ratusan anggota di seluruh negeri.

Seperti disebutkan sebelumnya tidak ada standar minimum yang diperlukan untuk bekerja dalam pemeliharaan taman. Namun, Anda harus kompeten. Sebagian besar pelanggan Anda akan mempekerjakan Anda karena mereka tidak dapat secara fisik bersaing dengan pemeliharaan kebun sendiri dan bukan karena mereka tidak tahu caranya. Seorang pelanggan akan segera melihat jika Anda tidak tahu apa yang Anda lakukan dan tidak akan menghargai pekerjaan Anda.

Jika Anda ingin menjadi sukses Anda perlu menjadi yang terbaik-kualifikasi akan membantu Anda. Semakin berkualitas Anda akan lebih mudah untuk membenarkan biaya Anda.


Apakah keadaan Anda memungkinkan Anda untuk melakukan kursus penuh waktu? Jika demikian, hubungi perguruan tinggi setempat dan lihat apa yang ditawarkan. Ini adalah unlikley bahwa buku harian Anda akan penuh di tahun pertama Anda sehingga menggunakan waktu luang Anda untuk belajar!

Setelah Anda memiliki kualifikasi Anda memilikinya seumur hidup. Sebuah kualifikasi dapat biaya kurang dari harga mesin pemotong rumput yang baik! Kualifikasi hortikultura yang diakui secara nasional di tingkat 2 atau di atasnya dapat diterima untuk keanggotaan The Gardeners Guild.

-Ini menunjukkan Anda profesional dan berdedikasi untuk berkebun sebagai karir Anda.

-Akuntan Anda akan mempersiapkan laporan rekening-penting jika Anda pernah ingin mendapatkan pinjaman/hipotek.

-Akun sejarah akan membantu jika Anda pernah ingin menjual bisnis Anda.

-Akuntan Anda akan memastikan bahwa Anda membuat penggunaan terbaik dari setiap biaya pemotongan pajak-bahkan beberapa Anda mungkin tidak tahu tentang.

-Akuntan Anda akan ingin Anda membayar semua penghasilan Anda ke dalam rekening bisnis Anda. Ini adalah ide yang baik sebagai bank Anda akan sering memberikan Overdraft sama dengan jumlah yang dibayarkan ke rekening setiap bulan. Hal ini dapat membantu dengan arus kas Anda selama musim dingin.

-Anda tidak mendapatkan masalah dengan Inland Revenue. Jika Anda tidak menyimpan account yang baik mereka dapat memutuskan berapa banyak mereka pikir Anda peroleh dan pajak Anda sesuai-bahkan jika Anda mendapatkan kurang! Ini akan terserah Anda untuk membuktikan mereka salah.

-Pertimbangkan perangkat lunak pembukuan online. Ini akan membantu Anda menjaga account Anda up to date dan memberikan informasi yang sangat berguna untuk peramalan arus kas. Anggota menerima diskon pada perangkat lunak FreeAgent pembukuan.

Anda akan perlu untuk memanggil Inland Revenue dan memberitahu mereka bahwa Anda dipekerjakan sendiri.

Asuransi juga penting. Kerusakan yang tidak disengaja terhadap properti terlalu mudah dan umum. Biaya perbaikan kerusakan akan sering melebihi jumlah yang Anda hasilkan. Pelanggan berhak untuk memulihkan biaya tersebut dari Anda Apakah Anda memiliki asuransi atau tidak. Asuransi melindungi Anda sebagai pedagang dari yang disajikan dengan tagihan perbaikan Anda tidak mampu untuk membayar dan memberikan kepercayaan pelanggan bahwa setiap kerusakan akan diperbaiki jika dan ketika kecelakaan terjadi.

Beberapa taman pribadi memiliki taman yang lebih besar daripada Taman bersama di sekitar flat dan perumahan perkebunan-sehingga tidak biasa bahkan untuk seorang tukang kebun individu untuk bekerja di Taman komunal, alasan komersial dan ruang publik.


Pelanggan yang membutuhkan bantuan dengan pemeliharaan taman mereka biasanya adalah orang yang sudah pensiun atau profesional yang sibuk. Perawatan Taman juga diperlukan untuk taman di sekitar flat dan area komunal di banyak perkebunan baru. Terkadang ini dikelola oleh perusahaan manajemen properti independen. Namun, untuk menjaga biaya rendah warga dapat membentuk perusahaan manajemen mereka sendiri dan mencari kontraktor kebun lokal.

Besar, kontraktor pemeliharaan Nasional sering memiliki biaya minimum yang tinggi yang membuat mereka tidak menarik untuk kontrak pemeliharaan yang lebih kecil-tetapi ideal untuk kecil, profesional, bisnis pemeliharaan taman lokal. Untuk alasan yang sama, akan ada banyak kesempatan untuk kontrak komersial kecil.

Pekerjaan yang Anda terima akan sering melalui orang yang Anda kenal-Apakah Anda tahu siapa saja yang tinggal di Flat atau bekerja untuk bisnis lokal?

Pemerintah juga mencari untuk memberikan kontrak kecil (' kecil ' berada di bawah £100.000!) untuk pedagang lokal.

Seorang tukang kebun lokal dapat menawarkan layanan pribadi yang ramah. Menjaga pelanggan Anda dan mereka akan menjaga Anda.

Gardener pemeliharaan yang berbeda beroperasi dengan cara yang berbeda. Beberapa tukang kebun memiliki hanya 5 pelanggan dengan taman besar, orang lain memiliki 100 ' s of rumput pelanggan, orang lain akan memiliki sekitar 40 pelanggan tetapi melakukan segalanya untuk mereka, yang lain hanya melakukan Flat, beberapa mengkhususkan diri dalam perbatasan atau bahkan hanya pendaki, beberapa menjaga kolam, beberapa hanya melakukan pemangkasan lindung nilai dan beberapa tukang kebun biaya lebih tetapi menawarkan ' berada di sana dalam satu jam ' Layanan bagi orang-orang yang membutuhkan cepat rapi sebelum akhir pekan BBQ

Lihat : Membuat Taman Bali Yang Memiliki Nilai Seni Tinggi

Layanan yang Anda tawarkan akan berkembang seiring waktu dan tergantung pada orang di daerah Anda tinggal. Pikirkan tentang jenis pekerjaan pemeliharaan taman yang ingin Anda lakukan sebagian besar dan memasarkan diri Anda untuk layanan tersebut. Tentu saja, adalah baik untuk menjadi fleksibel dan menawarkan berbagai layanan sebagai jenis pekerjaan yang dapat Anda lakukan akan bervariasi dengan cuaca dan musim. Tukang kebun yang pemilih tentang pekerjaan yang mereka lakukan sering memiliki kemewahan karena mereka sibuk.

Selain pengetahuan berkebun Anda memberikan beberapa pertimbangan untuk bagaimana Anda dirasakan oleh calon pelanggan. Sebagai contoh:

Asuransi -ini dapat biaya sesedikit £70 per tahun tetapi memberitahu pelanggan Anda bahwa Anda memiliki kepentingan mereka dalam pikiran. Anggota TGG bisa mendapatkan diskon 15% untuk asuransi bisnis melalui Trust Insurance.

Van logo -ini menunjukkan pertimbangan untuk pelanggan Anda dan tetangga mereka. Tetangga memperhatikan apa yang terjadi di jalan. Sebuah van dengan logo yang jelas akan membuat pikiran mereka nyaman untuk siapa Anda dan mengapa Anda berada di sana. Menemukan pekerjaan musim panas mudah-jadi mengapa tidak fokus Signage Van Anda untuk menemukan pekerjaan musim dingin?

Staf Uniform -ini tidak harus banyak-bahkan hanya t-shirt dengan logo Anda. Biaya ini sekitar £20 masing-masing tapi terlihat profesional dan memberikan ketenangan pikiran tetangga ketika mereka melihat Anda di kebun. Staf seragam dan Van logo mengiklankan bisnis Anda dan membuat Anda lebih didekati-sumber yang baik bisnis baru.

Mudah untuk kontak -tukang kebun yang baik akan mudah untuk menghubungi-tokoh masyarakat terkenal. Pastikan bahwa pelanggan Anda mengetahui nomor telepon Anda dan merasa yakin bahwa mereka dapat menghubungi Anda jika mereka membutuhkan Anda. Sebuah situs web akan membantu atau hanya dimasukkan dalam daftar anggota di situs ini.

Lisensi-lisensi Chainsaw, penggunaan pestisida dan izin pembawa limbah semua menunjukkan bahwa Anda mengambil hukum, lingkungan dan keselamatan serius. Mereka menunjukkan bahwa Anda berdedikasi untuk pemeliharaan taman sebagai karier, bahwa Anda layak biaya Anda dan bahwa Anda mematuhi hukum.

Setiap tukang kebun berbeda dan jenis layanan yang Anda tawarkan akan bervariasi sesuai dengan tempat Anda tinggal. Namun, berikut adalah beberapa tips:

Timing adalah segalanya -sebagai tukang kebun Anda berada pada belas kasihan musim. Gunakan ini untuk keuntungan Anda:

Winter: Soft lansekap, pemangkasan keras, pagar dll

Musim semi: penanaman, penyiangan, makan, lukisan pagar

Musim panas: Lawns, pemangkasan lindung nilai, penyiangan

Musim gugur: pemangkasan, clearance daun, perawatan rumput (aerasi, penggemburan dll), penanaman

Mendidik pelanggan Anda dan mendorong mereka untuk menunda pekerjaan sampai waktu yang tepat.

Manikur atau pemeliharaan? -Jadilah jelas tentang jenis layanan yang diinginkan pelanggan Anda. Beberapa pelanggan hanya ingin Taman mereka tetap di bawah kendali (pemeliharaan)-orang lain akan menginginkan yang sempurna (terawat) taman. Sebuah taman ' manikur ' Layanan sering dibebankan oleh jam sedangkan banyak pelanggan pemeliharaan taman akan lebih memilih harga tetap.

Biaya panggilan keluar minimum – sebagian besar waktu Anda dapat terbuang dengan waktu perjalanan yang belum dibayar di antara pekerjaan. Banyak pedagang memiliki panggilan minimum keluar biaya. Hal ini memastikan bahwa pelanggan Anda hanya menelepon Anda jika mereka memiliki cukup pekerjaan untuk membuatnya layak Anda bepergian ke mereka. Jika mereka tidak memiliki banyak untuk Anda lakukan-Anda masih mendapatkan bayaran. Anda harus memberi tahu pelanggan bahwa Anda memiliki biaya minimum sebelum pekerjaan dimulai. Cara terbaik adalah untuk melakukan hal ini secara tertulis. Anggota TGG memiliki akses ke panduan mengenai pemberitahuan pembatalan dan hak konsumen.

Jangan tertipu -taman besar tidak selalu memberi Anda lebih banyak pekerjaan daripada taman kecil. Seorang pelanggan dengan taman besar mungkin berpendapat bahwa Anda harus menagih mereka kurang karena mereka memberi Anda lebih banyak pekerjaan. Namun, sebuah taman besar bisa menjadi taman yang sangat sederhana sementara taman kecil dapat diisi dengan baik dan membutuhkan lebih banyak waktu dan perhatian. Bahkan, ketika memotong rumput, Taman yang lebih kecil dapat lebih menguntungkan. Sebuah taman besar hanya bermanfaat jika Anda dijamin beberapa jam kerja.

Perawatan rumput -Lawn memotong menguntungkan karena berbagai alasan:

-Anda dapat mengisi harga tetap untuk setiap rumput daripada tarif per jam. Karena alat profesional Anda membantu Anda bekerja dengan cepat dan efisien, semakin cepat Anda bekerja semakin Anda peroleh. Anda perlu untuk mendapatkan lebih banyak karena memotong rumput adalah musiman.

-Pelanggan rumput Anda kemungkinan akan menawarkan pemangkasan dan pekerjaan tanam di musim gugur/musim dingin.

Variasikan pekerjaan Anda -bahkan jika Anda fokus pada rumput memotong Anda masih akan ditawarkan pekerjaan berkebun lainnya. Jika cuaca buruk berhenti Anda memotong rumput, jadwal kerja bervariasi akan memberikan Anda pilihan untuk mengatur ulang buku harian Anda untuk melakukan pekerjaan pemangkasan sebagai gantinya yang sesuai.

Arus kas -Anda mungkin perlu mempertimbangkan memotong biaya Anda di rumah sampai pekerjaan meningkat. Cobalah untuk menghindari tagihan besar selama musim dingin ketika mungkin ada lebih sedikit pekerjaan yaitu pajak kendaraan dan MOT. Membayar semua pendapatan Anda ke rekening bisnis Anda-ini akan membantu Anda mendapatkan over-draft lebih besar untuk keadaan darurat. Pelanggan domestik umumnya membayar dengan cepat. Ketentuan Invoice umumnya memerlukan pembayaran 30 hari. Cobalah untuk membangun dana cadangan yang sama dengan sekurang-kurangnya 3 bulan pendapatan.

Pikirkan bisnis Anda sebagai toko -buruh adalah layanan yang paling dasar. Namun, sebagai tukang kebun Anda dapat menawarkan layanan tambahan seperti pembuangan sampah (jika Anda memiliki lisensi pembawa limbah), pembunuh gulma, perawatan rumput dll. Ini adalah layanan tambahan selain tarif per jam dasar Anda untuk tenaga kerja. Memiliki kebijakan penetapan harga yang jelas akan memberi orang pilihan untuk ' membeli ' Layanan tambahan ini dari Anda sebagai dan ketika mereka membutuhkannya.

Keselamatan -Eye/Face Protection, helm, baja Toe-capped Boots, lengan panjang, baik Celana, sarung tangan, pertolongan pertama kit. Anda akan menggunakan semua ini secara teratur dan layak membeli peralatan keselamatan kualitas atas. Anda juga harus berpikir tentang pengobatan untuk gigitan serangga-nyamuk yang paling terkenal tetapi akan menggigit Spider jika mereka jatuh atas Anda! Kuda lalat memiliki gigitan menjijikkan juga!

Tips: Sebuah pinggang celana elastis fleksibel akan lebih nyaman karena Anda menghabiskan banyak waktu membungkuk dan mengangkat.

Alat -memiliki alat Anda sendiri menunjukkan bahwa Anda telah berinvestasi dalam dan didedikasikan untuk karir di Taman pemeliharaan. Anda dapat dengan mudah menghabiskan £3000 + pada alat pemeliharaan dasar. Pikirkan tentang apa yang mungkin Anda butuhkan. Sebagai contoh, sebuah mesin pemotong rumput, strimmer dan hedge Pemangkas sangat penting tetapi gergaji, Chipper dan tunggul penggiling akan jarang digunakan kecuali Anda sebenarnya mengiklankan Layanan tersebut.

Kunjungi spesialis alat berkebun independen:

-Mereka akan memberi Anda saran yang baik

-Mereka akan saham suku cadang untuk peralatan yang mereka Jual

-Mereka dapat memberitahu Anda apa tukang kebun lain membeli

-Produsen sering membuat dua versi dari alat mereka-versi murah untuk toko DIY besar dan versi perdagangan untuk toko independen. Meskipun sedikit lebih mahal mereka memberikan nilai uang yang jauh lebih besar.

Hindari alat yang berwarna hijau-mereka terlalu mudah kehilangan di kebun pelanggan! Sebagian besar ini berlaku untuk alat tangan karena mereka kecil dan mudah hilang.

Alat Anda mungkin akan, rata-rata, perlu diganti setiap 3 tahun baik karena aus dan robek, kerusakan, pencurian atau, jika mereka hijau, hanya tersesat! Ingatlah untuk faktor biaya ini ke dalam target pendapatan Anda. Anggota TGG memiliki akses ke alat Kalkulator yang akan membantu mereka menghitung biaya dan minimum yang mereka butuhkan untuk mengisi.

Van Anda -Van Anda mungkin adalah alat yang paling mahal tapi salah satu yang paling berguna dengan banyak aplikasi yang berbeda. Van Anda juga merupakan salah satu iklan terbaik yang dapat Anda miliki. Cobalah untuk mendapatkan sebuah van dengan pembagi (sekat) antara kabin dan penyimpanan belakang-jika taksi Anda akan diisi dengan lalat, spider dan crawlies menyeramkan keesokan paginya! Gardener yang menggunakan mobil mereka kehilangan pendapatan tambahan yang berguna.

Kebanyakan pedagang bertujuan untuk mendapatkan minimal sekitar £150 per hari. Semakin, pedagang bertujuan untuk £ 200 + per hari. Namun, ini mungkin berbeda dari wilayah ke wilayah. Anda harus meningkatkan biaya Anda sebagai tingkat bahaya meningkat. Anda juga harus mengenakan biaya tambahan untuk pembunuh gulma, pembuangan limbah, pengangkutan barang di Van Anda dll. Anda dapat memutuskan untuk memiliki satu tarif per jam untuk alat manual dan tarif per jam lain yang lebih tinggi untuk alat bensin. Ini akan mencakup biaya tambahan bahan bakar, pemeliharaan alat dan peningkatan bahaya bagi Anda. Sekali lagi, orang senang untuk membayar jika mereka tahu mengapa Anda mengenakan biaya apa yang Anda kenakan.

Layanan harga tetap seperti memotong rumput, perawatan rumput, pembunuh gulma dll akan tergantung pada kompetisi lokal dan Anda akan segera mendapatkan merasakan apa yang dapat Anda mengisi. Biaya memotong rumput biasanya harus kurang dari panggilan minimum Anda keluar biaya-jika pelanggan Anda mungkin juga buku Anda selama beberapa jam dan menemukan sesuatu yang lain untuk mengisi waktu.

Profil Terbaru Garden Center :

https://www.sbnation.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.addictedtoquack.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.acmepackingcompany.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.againstallenemies.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.allaboutthejersey.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.allforxi.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.alligatorarmy.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.amazinavenue.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.americanninjawarriornation.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.anaheimcalling.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.anchorofgold.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.anddownthestretchtheycome.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.andthevalleyshook.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.angelsonparade.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.anonymouseagle.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.arcticicehockey.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.arkansasfight.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.arrowheadpride.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.aseaofblue.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.athleticsnation.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.atthehive.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.azdesertswarm.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.azsnakepit.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.backingthepack.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.badlefthook.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.baltimorebeatdown.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.bannersociety.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.bannersontheparkway.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.barcablaugranes.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.barkingcarnival.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.battleofcali.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.battleredblog.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.bavarianfootballworks.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.bcinterruption.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.behindthesteelcurtain.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.beyondtheboxscore.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.bigblueview.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.bigcatcountry.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.bigdsoccer.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.bigeastcoastbias.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.blackandgoldbanneret.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.blocku.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.blessyouboys.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.bleedinggreennation.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.bleedcubbieblue.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.blazersedge.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.blackwhitereadallover.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.blackshoediaries.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.blackheartgoldpants.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.blackandredunited.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.bloggingtheboys.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.bloggersodear.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.blogabull.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.bloggingthebracket.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.bloodyelbow.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.bluebirdbanter.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.blueshirtbanter.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.boltsfromtheblue.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.brewcrewball.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.brewhoop.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.brightsideofthesun.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.broadstreethockey.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.brotherlygame.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.bruinsnation.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.btpowerhouse.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.buckys5thquarter.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.bucsdugout.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.bucsnation.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.buffalorumblings.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.buildingthedam.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.bulletsforever.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.burgundywave.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.burntorangenation.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.cagesideseats.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.californiagoldenblogs.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.camdenchat.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.canalstreetchronicles.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.canescountry.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.canishoopus.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.cardchronicle.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.cardiachill.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.casualhoya.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.catscratchreader.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.celticsblog.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.centerlinesoccer.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.chiesaditotti.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.cincyjungle.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.clipsnation.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.collegeandmagnolia.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.collegecrosse.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.conquestchronicles.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.coppernblue.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.cornnation.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.cougcenter.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.cowboysrideforfree.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.crawfishboxes.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.crimsonandcreammachine.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.crimsonquarry.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.curbed.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.dailynorseman.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.dawgsbynature.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.dawgsports.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.defendingbigd.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.denverstiffs.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.detroitbadboys.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.diebytheblade.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.dirtysouthsoccer.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.downthedrive.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.draysbay.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.dukebasketballreport.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.dynamotheory.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.eater.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.eightysixforever.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.epluribusloonum.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.everydayshouldbesaturday.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.faketeams.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.fearthefin.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.fearthesword.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.fearthewall.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.federalbaseball.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.fieldgulls.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.fishstripes.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.fiveforhowling.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.fmfstateofmind.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.footballstudyhall.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.forwhomthecowbelltolls.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.frogsowar.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.fromtherumbleseat.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.futnation.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.ganggreennation.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.garnetandblackattack.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.gaslampball.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.gobblercountry.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.goldenstateofmind.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.goodbullhunting.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.grizzlybearblues.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.habseyesontheprize.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.halosheaven.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.hammerandrails.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.hockeywilderness.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.hogshaven.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.hothothoops.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.hottimeinoldtown.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.houseofsparky.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.hudsonriverblue.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.hustlebelt.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.indomitablecitysoccer.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.indycornrows.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.insidenu.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.intothecalderon.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.jacketscannon.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.japersrink.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.jerseydoesntshrink.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.jewelsfromthecrown.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.knightsonice.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.lagconfidential.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.landgrantholyland.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.letsgotribe.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.libertyballers.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.lighthousehockey.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.litterboxcats.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.lonestarball.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.lookoutlanding.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.maizenbrew.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.managingmadrid.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.massivereport.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.mavsmoneyball.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.mccoveychronicles.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.midmajormadness.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.milehighhockey.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.milehighreport.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.minerrush.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.minorleagueball.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.mlbdailydish.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.mmafighting.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.mmamania.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.mountroyalsoccer.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.musiccitymiracles.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.mwcconnection.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.netsdaily.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.nevermanagealone.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.ninersnation.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.nucksmisconduct.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.nunesmagician.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.obnug.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.offtackleempire.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.onceametro.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.onefootdown.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.onthebanks.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.ontheforecheck.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.orlandopinstripedpost.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.ourdailybears.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.outsports.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.overthemonster.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.pacifictakes.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.patspulpit.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.peachtreehoops.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.pensburgh.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.pensionplanpuppets.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.pinstripealley.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.podiumcafe.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.polygon.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.postingandtoasting.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.poundingtherock.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.prideofdetroit.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.progressiveboink.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.purplerow.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.ralphiereport.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.raptorshq.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.rawcharge.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.redcuprebellion.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.redreporter.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.revengeofthebirds.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.ridiculousupside.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.rockchalktalk.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.rockmnation.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.rockytoptalk.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.rollbamaroll.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.royalsreview.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.rslsoapbox.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.ruleoftree.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.rumbleinthegarden.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.sactownroyalty.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.sbnation.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.sbncollegehockey.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.secondcityhockey.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.serpentsofmadonnina.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.shakinthesouthland.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.silverandblackpride.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.silverscreenandroll.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.silversevensens.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.slcdunk.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.slipperstillfits.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.smokingmusket.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.sonicsrising.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.sounderatheart.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.southsidesox.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.stampedeblue.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.stanleycupofchowder.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.starsandstripesfc.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.stateoftheu.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.steinberg.net/forums/memberlist.php?mode=viewprofile&u=260783

https://www.stlouisgametime.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.streakingthelawn.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.stridenation.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.stumptownfooty.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.swishappeal.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.talkingchop.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.tarheelblog.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.teamspeedkills.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.testudotimes.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.thebentmusket.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.thebirdwrites.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.thebluetestament.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.thechampaignroom.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.thedailygopher.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.thedailystampede.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.thedreamshake.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.thefalcoholic.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.thegoodphight.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.theicegarden.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.themaneland.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.theonlycolors.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.thephinsider.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.thesirenssong.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.theuconnblog.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.theverge.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.threelionsroar.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.tomahawknation.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.truebluela.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.turfshowtimes.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.twiceacosmo.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.twinkietown.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.ubbullrun.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.underdogdynasty.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.uwdawgpound.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.vanquishthefoe.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.villarrealusa.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.violanation.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.vivaelbirdos.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.vivathematadors.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.vox.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.voxmedia.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.vuhoops.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.wakingthered.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.welcometoloudcity.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.widerightnattylite.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.windycitygridiron.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://www.wingingitinmotown.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

https://acmilan.theoffside.com/users/Garden%20Center%20Indonesia

Anda mungkin akan mendapatkan lebih banyak per-kerja-jam dengan mengutip untuk setiap pekerjaan secara individual. Hal ini paling umum untuk jenis pekerjaan yang Anda hanya akan melakukan satu tahun-pemangkasan keras, lansekap lembut, pengurangan lindung nilai dll Namun, jika Anda ingin mengutip per pekerjaan untuk semua pekerjaan Anda, Anda akan harus menghabiskan lebih banyak pada iklan untuk menemukan pelanggan baru dan menghabiskan lebih banyak waktu mengunjungi pelanggan untuk survei situs. Ingat, Anda tidak akan mendapatkan setiap pekerjaan yang Anda kutip dan mereka mungkin tidak menggunakan Anda lagi jika mereka selalu mencari kutipan termurah.

Seorang tukang kebun oleh karena itu dapat menawarkan:

-Layanan harga tetap untuk sangat sederhana, pekerjaan biasa yaitu memotong rumput

-Tarif per jam untuk perawatan Taman Umum dan reguler dengan tarif per jam yang lebih tinggi untuk peralatan bensin.

-Quote per pekerjaan untuk pekerjaan tidak teratur/tahunan atau kontrak pemeliharaan reguler untuk Flat/dasar komersial.

-Memiliki biaya panggilan minimum

-Biaya terpisah untuk pembuangan limbah, pembunuh gulma dll

Jika Anda biaya per jam maka biaya seperti Weedkiller, limbah penghapusan dll harus tambahan opsional dan tidak termasuk. Hal ini dapat membuat lebih mudah untuk menyesuaikan harga Anda harus meningkatkan biaya tertentu-tanpa memberikan kesan bahwa harga Anda akan naik. Misalnya, jika biaya Tip meningkat Anda dapat meningkatkan biaya penghapusan limbah tanpa meningkatkan tarif per jam Anda.

Ketika menghitung pendapatan Anda mempertimbangkan:

-Tagihan domestik dasar Anda

-Anda biasa overhead profesional (asuransi, ponsel, akuntan)

-Beban seperti bensin, minyak, pelumas,

-Tahunan overhead-MOT, servis kendaraan, pajak jalan, alat servis, lisensi pembawa limbah, Ban

-Biaya pemeliharaan-alat penyusutan dan penggantian

Ini menetapkan jumlah dasar yang Anda butuhkan untuk mendapatkan untuk menutupi biaya Anda! Anda akan perlu untuk menambah jumlah ini yang Anda ingin mendapatkan sebagai keuntungan untuk diri sendiri. Pengeluaran bisnis yang tulus adalah pengurangan pajak tetapi semua penghasilan lainnya dapat dikenakan pajak penghasilan.

Ingat bahwa pekerjaan mungkin akan tenang selama Januari dan Februari. Anda mungkin memutuskan untuk membebankan tarif yang lebih tinggi kepada pelanggan yang hanya memberi Anda pekerjaan musim panas.

Iklan adalah ilmu pengetahuan. Sebuah kampanye iklan yang baik adalah teratur dan konsisten dan memanfaatkan berbagai jenis media.

Iklan di radio dan koran lokal dan majalah bisa mahal. Namun, banyak orang yang beriklan di koran dan di radio komentar bahwa mereka tidak mendapatkan balasan dari iklan mereka. Orang lain akan mengatakan bahwa mereka mendapatkan semua pekerjaan mereka dari iklan ini. Mengapa perbedaan? Dikatakan bahwa orang perlu mendengar/melihat sesuatu 3 kali sebelum mereka akan mengingatnya untuk jangka panjang. Jadi, yang biasa, terjadi kembali iklan akan memiliki lebih banyak keberhasilan daripada satu-off. Namun, penelitian kami menunjukkan bahwa anggota kami sebagian besar mengandalkan pada rekomendasi, media sosial, situs web mereka, Van Signage dan iklan online.

Satu waralaba biaya 2,5% dari franchisee pendapatan untuk dibelanjakan untuk iklan (selain biaya manajemen). Bisakah Anda mampu melakukan ini?

Ada cara untuk beriklan secara gratis. Guild membership termasuk elemen iklan. Ada juga banyak direktori perdagangan online gratis. Van Anda juga sebuah iklan-seperti staf Anda seragam. Anda dapat memutuskan untuk membentuk kemitraan tidak resmi dengan seorang tukang kebun lansekap atau desainer-Anda memberi mereka pekerjaan lansekap dan mereka melewati Anda pekerjaan pemeliharaan taman. Anggota TGG memiliki akses ke survei tahunan yang mencakup tren periklanan.

Membangun reputasi yang baik untuk kualitas kerja dan kehandalan akan membantu Anda untuk mendapatkan arahan. Jangan takut untuk meminta pelanggan Anda untuk bekerja-memberitahu mereka bahwa Anda sedang mencari lebih. Jangan malu untuk meminta rekomendasi juga.

Anda akan bekerja di luar di bawah sinar matahari mencoba untuk menutupi kulit Anda dan selalu menggunakan lotion Sun Tan.

Banyak tukang kebun menderita dari punggung yang buruk. Jangan tegang untuk mengangkat. Jangan terburu-buru.

Anda akan sering diminta untuk melakukan pekerjaan yang berbahaya, kotor atau sulit. Tidak ada jumlah uang yang layak merusak kesehatan Anda. Jangan merasa tertekan untuk terburu-buru atau memotong sudut.

Komentar

  1. I have read your article. Such a good and informative. Sports is my passion. I have loved sports since childhood. Love to play I also like to watch sports
    I also enjoy working with sports. Awareness among people increases through sports.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa yang dimaksud dengan Swale dan mengapa Anda perlu satu Untuk Halaman Taman Anda

Sebuah Swale adalah alat penting untuk mengirigasi kebun, mengurangi Stormwater runoff, dan mengurangi erosi. Pelajari apa yang permaculture Swale adalah dan mengapa Anda mungkin perlu satu di halaman Anda. Posts dapat berisi link afiliasi, yang memungkinkan saya untuk mendapatkan komisi tanpa biaya tambahan untuk Anda. Ini membantu menjaga biaya turun sehingga saya dapat terus memberikan konten berkualitas tinggi kepada Anda secara gratis. Saya menghargai pembelian Anda melalui link! (pengungkapan penuh) Penangkapan air hujan di lanskap dapat menjadi cara yang efisien untuk mengairi dan meningkatkan kualitas tanah pada saat yang sama. Apa itu Swale? Sebuah Swale permaculture adalah parit dangkal yang digali di sepanjang kontur tanah, dengan berm di sisi menurun. Semua titik di sepanjang garis kontur adalah ketinggian yang sama persis di atas permukaan laut. Oleh karena itu, parit sepanjang kontur memperlambat air dan menyebar di seluruh garis kontur. Memperlambat dan menyeb

Cara Membuat Taman Bali Yang Memiliki Nilai Seni Tinggi

Taman Bali terkenal di dunia dan telah sangat populer di luar negeri selama bertahun-tahun sekarang. Bukti hal ini dapat dilihat dalam booming ekspor gaya Bali batu dan fitur air yang dapat Anda lihat di jalanan di dalam dan sekitar Kerobokan dan Ubud. Orang di seluruh dunia mencoba untuk menciptakan ketenangan artistik Taman Bali. Untuk mengabadikan esensi Taman tradisional Bali, Anda harus melihatnya dari perspektif Bali. Elemen kunci dari taman atau halaman adalah ' Roh '. Sebagai ungkapan ini, kebun Bali sering memiliki pembakaran dupa (biasanya cendana) atau persembahan bunga ditempatkan di dekat patung, sebagai isyarat berkat dewa dan dewi. Lebih banyak pilihan dekoratif akan menjadi candi kecil (Pura) atau stupa. Umumnya unsur batu, air, tanaman dan Bale (gazebo) adalah tema utama Taman Bali. Taman ini berfokus pada penggunaan hiasan dengan desain yang dicat dan diukir, terbuat dari batu dan kayu. Elemen dasar yang perlu dipertimbangkan adalah fitur seperti ukiran a